Yuk kenali dan pahami Microsoft Excel!




Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat oleh Doug Klunderdan pada tahun 1985 dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.

Dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik dan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. 

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 oleh Microsoft Corporation. Secara perdana, Excel dirilis tanpa memuat nama "Microsoft", melainkan hanya Excel saja. Munculnya Excel ternyata mendapat banyak komplain dari berbagai perusahaan yang memiliki produk dengan nama serupa. Sesaat setelahnya, Microsoft langsung mengubahnya menjadi "Microsoft Excel" dan nama tersebut masih digunakan hingga sekarang.

Diketahui bahwa saat itu Excel sudah memiliki saingan, yaitu Lotus 1-2-3. Namun, Doug Klunder memiliki tekad untuk membuat temuan yang lebih canggih dari dari Lotus 1-2-3. Pada tahun pertamanya, Excel hanya didistribusikan untuk perangkat dengan sistem operasi Macintosh atau yang sekarang lebih akrab dengan sebutan ‘Mac.’ Tidak lain adalah komputer personal keluaran Apple.

Dua tahun setelahnya, tepatnya pada November 1985, Microsoft merilis Excel untuk versi Windows dengan nama Excel Versi 2.0. Pasalnya, saat itu Lotus 1-2-3 terlambat didistribusikan untuk Windows karena masih menggunakan MS-DOS.Kelalaian Lotus 1-2-3 menjadi kesempatan emas untuk Microsoft Excel. Benar saja, setelah itu Excel berhasil merebut pasar perangkat lunak untuk spreadsheet.

Dilansir dari situs Kelas Excel, software ini pertama kali termasuk di bundel Microsoft Office pada tahun 1993. Dilakukan pembaharuan dari segi tampilan untuk Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint agar sesuai dengan Microsoft Excel. Tepat pada 1993, Microsoft Excel sudah dibekali bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA). Diketahui bahwa VBA-lah yang menjadi tonggak pertama Excel memiliki fitur rumus-rumus yang bisa digunakan secara otomatis dan akurat. VBA adalah turunan basa Visual Basic kembangan Microsoft.

Semakin berkembang, Microsoft juga menambahkan teknologi integrated development environment (IDE) di dalam VBA tersebut. Diketahui bahwa IDE membuat programmer lebih mudah dalam melakukan pemrograman. Sejak 1987, diketahui bahwa Microsoft Excel sudah melakukan banyak pembaharuan. Tercatat hingga tahun 2016, sudah terdapat 13 versi. Berikut ini adalah rinciannya:


# Pembaharuan Microsoft Excel untuk Windows

1. Microsoft Excel 2 – Tahun 1987
2. Microsoft Excel 3 – Tahun 1990
3. Microsoft Excel 4 – Tahun 1992
4. Microsoft Excel 5 – Tahun 1993
5. Microsoft Excel 95 – Tahun 1995
6. Microsoft Excel 97 – Tahun 1997
7. Microsoft Excel 2000 – Tahun 2000
8. Microsoft Excel 2002 – Tahun 2002
9. Microsoft Excel 2003 – Tahun 2003
10. Microsoft Excel 2007 – Tahun 2007
11. Microsoft Excel 2012 – Tahun 2012
12. Microsoft Excel 2013 – Tahun 2013
13. Office Excel 2016 – Tahun 2016

# Pembaharuan Microsoft Excel untuk Mac

1. Microsoft Excel 1 – Tahun 1985
2. Microsoft Excel 1.5 – Tahun 1988
3. Microsoft Excel 2 – Tahun 1989
4. Microsoft Excel 3 – Tahun 1990
5. Microsoft Excel 4 – Tahun 1992
6. Microsoft Excel 5 – Tahun 1993
7. Microsoft Excel 98 – Tahun 1998
8. Microsoft Excel 2000 – Tahun 2000
9. Microsoft Excel 2001 – Tahun 2001
10. Microsoft Excel 2004 – Tahun 2004
11. Microsoft Excel 2008 – Tahun 2008
12. Microsoft Excel 2011 – Tahun 2011
13. Office Excel 2016 – Tahun 2016

Fungsi Ms Excel

Fungsi Microsoft Excel adalah menyajikan data secara lebih tepat, rapi, juga akurat, serta melakukan operasi hitung matematika.

Berikut beberapa fungsi utama Microsoft Excel:
1) Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data
2) Menghitung aritmatika dan statistika
3) Membantu penyelesaian soal logika dan matematika
4) Membuat grafik dan diagram.

Selain empat fungsi di atas, Microsoft Excel juga berfungsi untuk menghitung kurs mata uang dan membuat daftar hadir untuk sebuah kegiatan.


Rumus Microsoft Excel

# Cara Menggunakan Rumus Excel
Cara menggunakan rumus Excel cukup mudah. Adapun hal yang wajib yang perlu diingat adalah setiap rumus harus diawali dengan tpengguna "sama dengan" (=). Selain itu, komponen lainnya yang harus digunakan adalah nama function rumus seperti SUM, MIN, IF dan lainnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1)Klik sel yang menjadi tempat hasil data kalkulasi akan dimunculkan
2)Pilih menu "Formulas" di toolbar Microsoft Excel
3)Klik pilihan menu "AutoSum"
4)Pilih rumus yang ingin digunakan
5)Pilih sel yang ingin dikalkulasikan datanya
6)Tekan enter pada keyboard, hasil akan muncul

Setelah mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel, mari kita lihat rumus-rumus Exsel yang dapat digunakan berikut ini:

1. SUM

SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel-sel tertentu. Maka rumus yang digunakan adalah:

=SUM(B3:G3) lalu enter

2. Rumus Pengurangan

Selain penjumlahan SUM juga bisa digunakan untuk pengurangan. Maka rumus yang digunakan adalah:

=SUM(B3,-G3) lalu enter

3. Rumus Perkalian

Untuk memasukkan format rumus perkalian, cukup dengan memasukkan rumus pengguna sama dengan (=) diikuti dengan sel yang ingin dikalikan kemudian menyisipkan tpengguna bintang (*). Maka rumus yang digunakan adalah:

=B3*F3 lalu enter

4. Rumus Pembagian

Rumus Excel selanjutnya adalah pembagian. Rumus pembagian di Microsoft Excel menggunakan pengguna garis miring (/). Formatnya sebagai berikut:

=A1/B1 lalu klik enter

5. AVERAGE

Rumus Excel AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Pengguna bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A2:A20)

6. SINGLE IF

Rumus Excel SINGLE IF merupakan salah satu fungsi yang paling banyak digunakan. Fungsi rumus ini yakni bisa membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.

Sehingga, pernyataan IF dapat memiliki 2 hasil. Hasil pertama jika perbandingan kamu Benar dan hasil kedua jika perbandingan salah. Syntax dari rumus Microsoft Excel ini adalah:

=IF(logical_test,"value_if_true","value_if_false")

7. MULTI IF

Fungsi rumus Excel MULTI IF adalah untuk memeriksa apakah logika IF yang lebih dari satu semua memenuhi kriteria. Adapun formula rumus Excel MULTI IF adalah sebagai berikut:

=IF(logical_test,"value_if_true")

8. AREAS

Fungsi AREAS sebagai rumus Excel adalah untuk Mengembalikan jumlah area dalam sebuah referensi. Area adalah rentang sel berdekatan atau sel tunggal. Sintaks dari rumus ini adalah:

=AREAS(reference)

9. CHOOSEC


CHOOSE dalam rumus Excel adalah untuk memilih satu dari 254 nilai berdasarkan jumlah indeks. Misalnya, jika nilai 1 sampai nilai 30 adalah hari-hari dari bulan tersebut, CHOOSE akan mengembalikan salah satu hari ketika angka antara 1 dan 30 digunakan sebagai index_num. Rumus Microsoft Excel ini memiliki sintaks:

=CHOOSE(index_num, value1, [value2], ...)

Dimana index_num diperlukan untuk menentukan argumen nilai mana yang dipilih, value1 juga diperlukan, dan value selanjutnya bersifat opsional.

10. MATCH

Fungsi MATCH dalam rumus Microsoft Excel memiliki sintaks:

=MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

Rumus tersebut digunakan untuk mencari suatu nilai tertentu pada range, list, atau tabel, untuk kemudian mengembalikan (menghasilkan atau menampilkan) posisi relatif nilai tersebut di range, list, atau tabel.

11. Rumus SUMIF

Format rumus SUMIF ini digunakan bila untuk mengetahui nilai sesuatu berdasarkan identifikasi dari beberapa kriteria. Contoh format rumus Excel SUMIF adalah:

=SUMIF (range, criteria [sum range])

Maksud dari range ini adalah rentang yang sedang ingin diuji menggunakan kriteria. Sementara kriteria adalah sel yang digunakan untuk memfilter nilai itu sendiri dan sum range adalah sebuah kisaran opsional yang boleh ada atau tidak.

12. Rumus Excel MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka.

lalu pengguna bisa menggunakan rumus:

Terbesar: =MAX(A2:A13)

Terkecil: =MIN(A2:A13)

13. COUNT

Rumus COUNT pada Excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Maka Pengguna bisa menggunakan rumus ini:

=COUNT(A1:M1)

14. COUNTA

Hampir sama dengan COUNT, rumus Excel COUNTA digunakan bukan hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel berisi apapun. Sehingga Pengguna bisa menghitung jumlah sel yang tidak kosong.

Contohnya, data angka dan juga kata pada sel A1 sampai dengan sel P1. Di antara sel tersebut terdapat beberapa sel yang kosong. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data, bisa menggunakan rumus Excel:

=COUNTA(A1:P1)

15. TRIM

Rumus Excel TRIM berguna untuk menghapus spasi yang berlebih pada kalimat yang ada di sel. Rumus ini hanya bisa diaplikasikan pada satu sel saja. Contoh rumusnya adalah:

=TRIM(A3)

16. AND

Rumus Excel AND digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data yang ada di sel menggunakan rumus logika. Rumusnya adalah:

=AND(A1>75;A1<100)

17. OR

Hampir sama dengan rumus AND, rumus OR juga berfungsi untuk menentukan salah atau benarnya data yang ada di sel. Bedanya, rumus AND harus memenuhi semua kriteria yang ada di rumus logika, sedangkan rumus OR boleh memenuhi salah satu kriteria rumus logika.

Contohnya jika Pengguna memiliki data angka, dan ingin mencari tahu "apakah nilai A1 kurang dari 60 atau lebih dari 90?". Jika memenuhi salah satunya maka akan muncul hasil TRUE. Begini rumusnya:

=OR(A1<60;A1.90)

18. NOT

Rumus Excel NOT adalah kebalikan dari rumus AND dan OR. Karena rumus ini akan memunculkan jawaban TRUE pada data yang tidak masuk kriteria.

Contohnya Pengguna mencari tahu "apakah nilai A1 tidak lebih dari 100?" jika angkanya adalah kurang dari 100 maka akan muncul hasil TRUE. Rumusnya adalah:

=NOT(A1>100)

19. VLOOKUP

Rumus satu ini memang cukup susah dan ribet. Tapi, jika mengerti tujuan dan penggunaan rumus ini, pekerjaan akan lebih mudah dan ringkas. Rumus Excel VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal atau tegak. Dengan rumus berikut:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan:

Lookup_value: Isi sel atau nilai yang diketik.

Table_array: Sel atau tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian.

Col_Index_num: Kolom yang ditunjukkan untuk mengambil nilai.

Range_Lookup: Bisa dikosongkan, bisa juga diisi dengan "True" untuk tabel yang disusun berurutan dengan pencarian diartikan sebagai sama dengan atau lebih kecil. Bisa diisi dengan "False" untuk tabel yang tidak harus berurutan dan diartikan sebagai sama persis.

20. HLOOKUP

Sama halnya dengan VLOOKUP, rumus Excel Hlookup digunakan untuk mencari data, bedanya rumus ini ditujukkan untuk data-data horizontal atau mendatar. Dengan rumus yang digunakan adalah:

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

21. CHOOSE

Rumus Excel ini digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Rumus ini digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contohnya, nilai 1 - 7 adalah nama hari dalam satu minggu, rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 7. Rumusnya adalah:

=CHOOSE(index_num,value1,[value 2],.....)

22. PRODUCT

Rumus Excel ini berguna untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range. Rumus Excel ini ditulis seperti di bawah ini:

=PRODUCT(numb1_numb2)

Contohnya, jika ingin mengalikan data pada kolom B3 dan B9, maka rumusnya menjadi 

=PRODUCT(B3,B9)

23. POWER

POWER digunakan untuk menghasilkan bilangan pangkat, misalnya Pengguna sedang mencari tahu 6 pangkat 12, letakkan angka 6 misal pada kolom A3 dan angka 12 pada B2, maka gunakan rumus di bawah ini:

=POWER(A3,B2)

24. SQRT

Rumus yang berfungsi untuk menghasilkan nilai akar dari bilangan. Misalkan Pengguna ingin mencari tahu akar dari 144, maka bisa menggunakan rumus:

=SQRT(144)

25. CONCATENATE

Rumus Excel ini digunakan untuk menggabungkan data. Misalkan pengguna ingin menggabungkan data di kolom C1 dan C2, maka rumusnya adalah:

=CONCATENATE(C1;C2)

26. CEILING

Rumus ini digunakan untuk membulatkan angka pada kelipatan sepuluh ke angka atas terdekat. Misalkan tercantum data di B2 sebesar Rp 36.399, jika menggunakan rumus ceiling, akan menentukan hasil pembulatan ke angka atas terdekat menjadi Rp 36.400, dengan rumus:

=CEILING(B2;10)

27. COUNTIF

Rumus COUNTIF adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki kriteria sama untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan Pengguna sedang melakukan survei dan ingin tahu kecenderungan orang membaca berita (Online atau Koran), dari 100 responden, berapa orang yang lebih menyukai membaca berita melalui koran. Jika data responden ada di kolom B2 sampai B101, maka rumusnya adalah:

=COUNTIF(B2;B101;"Koran")

28. PROPER

PROPER berfungsi untuk mengubah huruf pertama pada teks menjadi huruf kapital, misalnya Pengguna menulis "warga negara indonesia" di el A2, maka gunakan rumus excel ini:

=PROPER(A2) untuk menghasilkan teks "Warga Negara Indonesia"

Demikian rumus Excel lengkap dari pengolahan data dasar hingga yang menggunakan logika. Dengan menguasai rumus Excel tentunya akan ada nilai tambah pada diri Pengguna dan menjadikan pengolahan data lebih singkat serta mudah.

29. Rumus Excel DAY

Fungsi Rumus Excel Days digunakan untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal. Selain itu, rumus ini berfungsi untuk melakukan countdown event tertentu, atau mengetahui masa kadaluarsa suatu produk. Rumus Excel DAY adalah:

=DAYS(end_date, start_date)

30. Rumus Excel DATE

Rumus Excel DATE memiliki fungsi ini untuk menampilkan nomor seri sekuensial yang menampilkan suatu tanggal. Menggunakan sangat berguna jika kamu menemukan kondisi dimana tahun, bulan, dan tanggal terdapat pada sel terpisah. Sintaks rumus Excel DATE adalah:

=DATE(year,month,date)


Sampai disini saja materi tentang Microsoft Excel ini, semoga bermanfaat! Terimakasih.

Penulis : Angelica Virginia

Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/microsoft-excel-adalah/

http://talentaschool.sch.id:8250/talentapedia/blog/pengertian-microsoft-excel-1#:~:text=Pengertian%20Microsoft%20Excel%20adalah%20sebuah,sering%20disebut%20sebagai%20Excel%20saja

https://katadata.co.id/amp/intan/ekonopedia/637e3f5e27640/sejarah-microsoft-excel-lengkap-dengan-perkembangannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virus : pengertian, sejarah, ciri-ciri, struktur, dan reproduksi

Menganalisis Puisi "Karangan Bunga" Karya Taufiq Ismail

Alat Pembayaran Non-Tunai