SELF AWARENESS ITU PENTING???

 
 

Hai befriends! Pernah gak sih kalian merasakan bingung sama apa yang kita rasakan? Entah itu soal Perasaan , sikap,pikiran sampai masa depan!

Terkadang , pikiran yang kayak gini muncul ketika kita lagi dihadapin sama suatu masalah dimana kita kehilangan kendali untuk mengatasinya. Waduhhh ! otak pasti rasanya capek, pusing, dan yang lebih parahnya lagi sampai stress kalau udah diluar kendali kita.

Pas banget nihhh sama judul yang aku bikin, so yukk kita kenalan sama  arti memahami diri atau Self Awareness!

Self-awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengidentifikasi dan memahami dirinya secara utuh, baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran dan cara adaptasi dengan lingkungan.

Befreinds pernah gak sih ,ngerasain sulit untuk menerima yang ada pada diri sendir dan merasa tertekan dengan standar  yang  ada? For your information ternyata itu termasuk dari tanda – tanda bahwa befriends belum memahami diri sendiri lho. Befriends juga harus tau bahwa tuhan menciptakan makhluknya berbeda – beda , nah perbedaan – perbedaan inilah yang membuat diri kita unik dengan makhluk ciptaan yang lainnya.

So, ternyata sepenting itu ya self awereness dalam kehidupan sehari – hari . Dengan adanya self-awareness membuat individu bisa mengenali berbagai potensi dalam dirinya baik kelebihan, kekurangan hingga kepribadian. . Kalau befriends bisa memahami diri sendiri, itu  akan menjadi langkah yang baik dalam membangun kesadaran diri.  Self awareness sangat penting artinya bagi seseorang untuk bisa paham tentang situasi sosial, paham tentang orang lain, dan paham harapan orang lain kepada dirinya.

 Degan self-awareness menjadi kan kita  lebih percaya diri dalam situasi dan kondisi apapun serta membangun komunikasi efektif dengan orang lain. seseorang yang memiliki kesadaran diri selalu mampu memikirkan terlebih dahulu kata-kata apa yang harusnya diungkapkan dan diatur terlebih dahulu sebelum diucapkan.

Sebelum befriends mengenali diri sendiri, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Aspek – aspek itu diantaranya

  1. Stress
  2.   Pikiran
  3. Emosi
  4. Kepercayaan

Melansir Harvard Business Review, ada dua contoh jenis self-awaren. Diantaranya adalah:

1. Self-awareness internal

Maksud dari self-awareness yang satu ini adalah  fokus pada bagaimana kamu melihat diri sendiri.

Apa saja nilai yang kamu pegang? Apa yang menjadi passion-mu? Bagaimana kamu berperan dalam lingkunganmu?

Dengan menyadari diri secara internal, kamu bisa hidup lebih bahagia, lho. Kepuasan  pekerjaan yang befriends lakukan juga akan lebih mudah tercapai.

Selain itu, dengan punya self-awareness internal yang tinggi, stres dan kegelisahanmu juga jadi lebih terkontrol.

2. Self-awareness eksternal

Seperti namanya, self-aware eksternal adalah kebalikan dari internal. Maksud dari self-awareness eksternal adalah, kamu memahami bagaimana orang lain melihatmu.

Sehingga, ia punya hubungan dengan empati, lho. Manfaat dari memiliki self-aware eksternal yang baik adalah kamu mahir memahami orang lain.

 

Befriends masih bingung tentang tanda – tanda bahwa befriends  sudah memahami diri sendiri apa belum ?? self awareness pada seseorang dapat diketahui melalui beberapa ciri, diantaranya adalah:

  1. Mengenali perasaan dan perilaku diri sendiri; dapat mengenali perasaan apa yang sedang dirasakannya, mengapa perasaan itu muncul, perilaku apa yang dilakukan, serta dampaknya pada orang lain.
  2. Mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri; dapat mengenali atau mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dirinya.
  3. Mempunyai sikap mandiri; memilki sikap mandiri atau tidak bergantung pada orang lain yang menunjukkan adanya dorongan atau motivasi untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada keyakinan akan kemampuan diri sendiri.
  4. Dapat membuat keputusan dengan tepat; dapat membuat atau mengambil keputusan dengan tepat khususnya yang berkenaan dengan perencanaan karier.
  5. Terampil dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat, dan keyakinan; mempunyai keberanian dan kesadaran untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat, maupun keyakinan dirinya sendiri yang mencerminkan nilai-nilainya sendiri.
  6. Dapat mengevaluasi diri; dapat memeriksa, menilai atau mengoreksi dirinya, belajar dari pengalaman, serta menerima umpan balik terkait dirinya dari orang lain.

Berikut cara membangun self-awareness yang bisa befriends  lakukan:

  1. Menerapkan pola pikir yang sehat
    Menerapkan pola pikir yang sehat dengan lebih peka terhadap apa yang dilakukan bukan hanya sekadar melakukan akan membantu kita dalam mengerti keadaan dan kondisi di sekitar kita.
  1. Mempercayai kemampuan diri sendiri
    Kita mempercayai kemampuan diri sendiri akan meningkatkan kemampuan kita dalam bersikap lebih berani untuk mengungkapkan keyakinan sebagai upaya untuk memperlihatkan eksistensi/keberadaan kita. Dengan begini, befriends dapat membuat keputusan yang tetap meskipun befriends sedang berada di kondisi yang tidak pasti.
  1. Evaluasi diri sendiri
    Melakukan evaluasi diri akan menemukan kekuatan dan kelemahan dalam dirimu sehingga kamu bisa memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan apa yang ada dalam dirimu.
  1. Meluangkan waktu untuk merenung
    Dengan meluangkan waktu sejenak untuk merenung, kamu bisa melakukan introspeksi diri dan mengelola emosi yang sedang kamu rasakan sehingga akan lebih tenang dan menghilangkan stress serta akan membuat kita lebih fokus pada tujuan hidup.

5.      Menjadi pendengar yang baik.

Bersikap terbuka pada orang lain dan menjadi pendengar yang baik dapat membantu untuk belajar mendengarkan secara objektif apa yang ingin disampaikan diri sendiri. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi lebih sadar dan memahami pemikiran maupun perasaan pribadi.

  1. Mengendalikan emosi
    Dengan kontrol emosi ini, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui makna dari emosi yang kamu rasakan. Kamu juga akan mengetahui penyebab emosi itu muncul, hubungan antara emosi yang sedang dirasakan dengan apa yang dipikirkan sehingga kamu bisa mengontrol pengaruh emosi terhadap kinerja atau semangat diri.

Manfaat Self Awareness

Manfaat dari Self Awareness (Kesadaran Diri), antara lain adalah:

  • memberikan kekuatan untuk memengaruhi hasil
  • membantu menjadi pembuat keputusan yang lebih baik Ini memberi kita lebih percaya diri, dan hasilnya, berkomunikasi dengan kejelasan dan niat
  • memungkinkan untuk memahami berbagai hal dari berbagai perspektif
  • membebaskan diri dari asumsi dan bias.
  • membantu membangun hubungan yang lebih baik
  • memberikan kemampuan yang lebih besar untuk mengatur emosi.
  • mengurangi stres
  • membuat diri lebih bahagia

Meskipun bukan hal yang mudah untuk melakukannya, namun jangan ragu untuk mencoba ya. Dengan kita memiliki self-awareness akan berpengaruh positif pada diri kita dan lingkungan jika kita bisa mengendalikannya dengan baik. Semoga bermanfaat yaaa  frennn J

 

 

By: Nabila Putri Haryandi X8

Referensi:

https://www.kajianpustaka.com/2020/12/kesadaran-diri-self-awareness.html

https://www.beautynesia.id/life/baik-untuk-kesehatan-mental-inilah-5-cara-meningkatkan-self-awareness-untuk-memahami-diri-sendiri/b-244865

https://glints.com/id/lowongan/self-awareness-adalah/

https://insanq.co.id/artikel/self-awareness-ciri-manfaat-dan-cara-membangunnya/

https://binus.ac.id/binusian-journey/2022/08/08/self-awareness-untuk-memperbaiki-diri-dan-memperbaiki-hidup/

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Virus : pengertian, sejarah, ciri-ciri, struktur, dan reproduksi

Menganalisis Puisi "Karangan Bunga" Karya Taufiq Ismail

Alat Pembayaran Non-Tunai